LIMA BELAS TIPS UNTUK MENJADI GURU HEBAT
Oleh
Adi Saputra
Mengajar adalah profesi yang kompleks dan menantang, dan beberapa guru lebih berhasil dari yang lain. Siswa yang mereka ajar mendapatkan nilai lebih baik pada tes, lebih mungkin untuk berhasil pada pendidikan selanjutnya, dan mereka akan selalu ingat dengan guru mengajar dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Banyak guru berhasil dalam memfasilitasi siswa mereka secara akademis serta perkembangan kepribadiannya. Mereka mengajar secara totalitas dan tanpa pamrih yang hanya mengedepankan pengabdian di dalam mencerdaskan anak didiknya. Selain itu juga, guru terbaik juga menikmati pekerjaannya, percaya pada apa yang mereka ajarkan, pekerja keras, menghabiskan banyak waktu untuk membuat perencanaan pembelajaran, menggunakan pola pengasuhan, peduli kepada kebutuhan siswa serta dan mengaktifkan semua siswa di dalam pembelajaran. Selanjutnya guru-guru ini mempunyai pandangan bahwa setiap pribadi siswa mempunyai potensi yang bisa dikembangkan dan tugas gurulah untuk membangkitkan potensi tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut adalah kumpulan temuan dari penelitian tentang karakteristik dari guru hebat: (Tulisan ini juga dilengkapi dengan Daftar Ceklis untuk menguji apakah Anda termasuk guru hebat atau belum)
1.
Menetapkan
standar yang tinggi, dengan mengajarkan cara mencapainya.
2.
Hari
pertama menjanjikan kepada siswa, bahwa mereka akan belajar. Disusun bersama
dengan siswa.
Ø Suasana kasih sayang dan kepedulian
yang murni, ketika ia berjanji kepada siswa-siswanya bahwa kalian akan berhasil.
Ø Kalian harus membantu saya untuk
menolong diri kalian sendiri.
Ø Jika kalian tidak memberikan apa pun,
jangan mengharapkan apa pun.
Ø Kesuksesan tidak datang menghampiri
kalian, tetapi kalianlah yang harus datang menghampirinya.
3.
Kesenangan
terhadap proses pembelajaran yang luar biasa.
Ø Jika para siswa tidak bermain
sesuai irama, itu karena mereka belum mempelajari caranya.
Ø Bakat adalah kualitas yang dapat
diperoleh.
4.
Suasana
asuh, penuh kepercayaan dan tidak
menghakimi.
5.
Sangat
ketat, disiplin dan penuh kasih sayang.
6.
Berprinsip
dengan tantangan dan asuhan.
7.
Mengajari
siswa untuk mencapai standar yang tinggi dengan kerja keras.
8.
Mencintai
pembelajaran bukan pengajaran.
9.
Mengungkapkan
yang sebenarnya kekurangan siswa dan kemudian memberi mereka cara untuk menutupi
kekurangan tersebut.
10.
Mengajarkan
kemandirian kepada siswa.
11.
Memberikan
pemahaman bahwa sekolah adalah untuk kepentingan siswa.
12.
Terus
menerus belajar bersama siswa, dan
membiarkan siswa untuk tahu terlebih dahulu tentang sesuatu.
13.
Mempunyai
prinsip semua orang bisa belajar.
14.
Lebih
cenderung memberikan motivasi dari pada mengkritik siswa.
15.
Menggunakan
berbagai strategi atau metode pembelajaran dalam pelajarannya.
CEKLIS GURU HEBAT
Untuk menguji Apakah
Anda termasuk guru hebat atau belum dapat digunakan daftar ceklis berikut
dengan cara memberi angka satu pada samping kiri pertanyaan (di atas garis)
yang sesuai menurut Anda dan angka nol untuk yang tidak sesuai.
Apakah Anda. . .
--------mendengarkan siswa Anda?
--------tahu nama-nama siswa Anda pada akhir dua minggu pertama sekolah?
--------melihat sesuatu dari maksud
pendapat siswa Anda ?
--------senyum di dalam kelas?
--------percaya semua siswa Anda mampu belajar tentang pelajaran Anda?
--------senyum di dalam kelas?
--------percaya semua siswa Anda mampu belajar tentang pelajaran Anda?
--------menyampaikan antusiasme Anda
tentang apa yang Anda ajarkan?
--------selalu untuk meningkatkan efektivitas mengajar Anda?
--------percaya pada nilai dari apa yang Anda mengajar?
--------memiliki tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran?
--------mengkomunikasikan dengan jelas harapan-harapan Anda kepada siswa Anda?
--------berusaha untuk menciptakan lingkungan ruang kelas yang menarik?
--------membuat rutinitas minggu pertama sekolah?
--------mencoba untuk mengenal semua siswa Anda sebagai individu?
--------mendorong kerja sama dibandingkan persaingan di kelas Anda?
--------selalu untuk meningkatkan efektivitas mengajar Anda?
--------percaya pada nilai dari apa yang Anda mengajar?
--------memiliki tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran?
--------mengkomunikasikan dengan jelas harapan-harapan Anda kepada siswa Anda?
--------berusaha untuk menciptakan lingkungan ruang kelas yang menarik?
--------membuat rutinitas minggu pertama sekolah?
--------mencoba untuk mengenal semua siswa Anda sebagai individu?
--------mendorong kerja sama dibandingkan persaingan di kelas Anda?
--------menunjukkan rasa humor dengan siswa Anda?
--------memuji siswa Anda untuk
prestasi pada bidang tertentu?
--------adil dan konsisten menegakkan aturan Anda?
--------menggunakan pernyataan positif dari pernyataan negatif dalam kelas Anda?
--------memvariasikan pengaturan tempat duduk sesuai dengan kebutuhan pengajaran Anda?
--------mengkomunikasikan prestasi positif dari siswa untuk orang tua mereka?
--------adil dan konsisten menegakkan aturan Anda?
--------menggunakan pernyataan positif dari pernyataan negatif dalam kelas Anda?
--------memvariasikan pengaturan tempat duduk sesuai dengan kebutuhan pengajaran Anda?
--------mengkomunikasikan prestasi positif dari siswa untuk orang tua mereka?
--------membuat komentar positif
pada kertas kerja siswa '?
--------mengizinkan siswa Anda untuk membuat kesalahan karena mereka mempelajari materi
--------mengizinkan siswa Anda untuk membuat kesalahan karena mereka mempelajari materi
dan keterampilan baru?
--------menghindari bereaksi
berlebihan untuk kesalahan tingkah laku yang kecil?
--------membuat pelajaran yang menarik agar melibatkan siswa untuk aktif ?
--------mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan ketika mereka tidak memahami beberapa
--------membuat pelajaran yang menarik agar melibatkan siswa untuk aktif ?
--------mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan ketika mereka tidak memahami beberapa
bagian dari pelajaran Anda?
--------memanfaatkan kesempatan belajar secara spontan ketika hal itu terjadi?
--------menghadiri workshop atau pelatihan untuk terus meningkatkan kemampuan mengajar
--------memanfaatkan kesempatan belajar secara spontan ketika hal itu terjadi?
--------menghadiri workshop atau pelatihan untuk terus meningkatkan kemampuan mengajar
Anda?
--------mempertahankan setidaknya 80 persen tugas di kelas Anda?
--------mempertahankan setidaknya 80 persen tugas di kelas Anda?
--------memberi pujian kepada siswa, baik secara individu
maupun kelompok?
--------membuat rasa kekeluargaan di kalangan siswa Anda?
--------memanfaatkan waktu efektif kelas?
--------mengupayakan untuk menghubungkan pelajaran saat ini untuk pengetahuan awal siswa?
--------membuat rasa kekeluargaan di kalangan siswa Anda?
--------memanfaatkan waktu efektif kelas?
--------mengupayakan untuk menghubungkan pelajaran saat ini untuk pengetahuan awal siswa?
--------menyediakan waktu
refleksi untuk semua siswa?
--------memberi bimbingan kepada siswa ketika melakukan praktek ?
--------menyediakan ketenangan yang tepat untuk pelajaran Anda (tidak terlalu lambat atau
--------memberi bimbingan kepada siswa ketika melakukan praktek ?
--------menyediakan ketenangan yang tepat untuk pelajaran Anda (tidak terlalu lambat atau
terlalu cepat)?
--------menggunakan berbagai metode pembelajaran selain ceramah?
--------secara teratur berkomunikasi dengan orang tua siswa yang mengalami kesulitan belajar?
--------mempertimbangkan berbagai gaya belajar siswa anda dalam perencanaan pelajaran Anda? --------memasukkan pertanyaan dan komentar siswa ke dalam pelajaran Anda?
--------merubah gaya pembelajaran Anda ketika siswa tidak dapat belajar dengan baik?
--------menyediakan kesempatan bagi siswa untuk mencari bantuan tambahan jika mereka gagal
--------menggunakan berbagai metode pembelajaran selain ceramah?
--------secara teratur berkomunikasi dengan orang tua siswa yang mengalami kesulitan belajar?
--------mempertimbangkan berbagai gaya belajar siswa anda dalam perencanaan pelajaran Anda? --------memasukkan pertanyaan dan komentar siswa ke dalam pelajaran Anda?
--------merubah gaya pembelajaran Anda ketika siswa tidak dapat belajar dengan baik?
--------menyediakan kesempatan bagi siswa untuk mencari bantuan tambahan jika mereka gagal
di dalam pembelajaran?
--------merasa yakin pada kemampuan Anda untuk menangani tantangan yang anda hadapi di
--------merasa yakin pada kemampuan Anda untuk menangani tantangan yang anda hadapi di
kelas?
--------menyapa siswa Anda
saat mereka memasuki kelas?
--------menghindari penggunaan sarkasme atau ejekan dalam berinteraksi dengan siswa?
--------menyiapkan semua siswa ketika Anda memasuki kelas di pagi hari?
--------mengendalikan kelas Anda, tapi tidak terobsesi dengan ide terlalu mengontrol?
--------mampu secara efektif menyelesaikan masalah perilaku ketika masih kecil sebelum
--------menghindari penggunaan sarkasme atau ejekan dalam berinteraksi dengan siswa?
--------menyiapkan semua siswa ketika Anda memasuki kelas di pagi hari?
--------mengendalikan kelas Anda, tapi tidak terobsesi dengan ide terlalu mengontrol?
--------mampu secara efektif menyelesaikan masalah perilaku ketika masih kecil sebelum
menjadi masalah besar?
Petunjuk Skor:
Hitung jumlah
item yang Anda tandai dan
tentukan skor Anda di
kategori di bawah ini:
No
|
Nilai
|
Kategori
|
Keterangan
|
1
|
41
- 50
|
Terbaik
|
Seorang guru hebat. Orang lain
dapat belajar banyak dari Anda
|
2
|
31
– 40
|
Bagus
|
Anda berada di jalan menuju
kesuksesan. Ada beberapa bagian yang memerlukan perhatian
|
3
|
21
– 30
|
Tertantang
|
Ini tidak terlalu terlambat untuk
mencari bantuan dalam meningkatkan efektivitas kelas Anda
|
4
|
0
- 20
|
Berjuang
|
Profesi mengajar mungkin tidak
terlalu menyenangkan. Mempertimbangkan untuk perubahan karir mungkin lebih
bijaksana
|
Sumber:
Ronald L. Partin. 2009. The Classroom Teacher’s Survival Guide. San
Francisco: Josey-Bass
Sumber : Adisaputrabtm.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar