A.
PENDAHULUAN
Media pembelajaran
perlu digunakan oleh guru untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran.
Media dapat digunakan dalam pembelajaran
untuk membangkitkan motivasi siswa , mengkonkritkan materi yang menjelaskan konsep
yang sifatnya abstrak sehingga lebih mudah dipahami siswa. Banyak jenis dan
macam media pembelajaran yang dapat dibuat dan digunakan. Untuk memilih media pembelajaran yang akan
digunakan, guru harus memahami tentang macam-macam media dan kriteria memilih
media yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa.
B. HAKIKAT MEDIA PEMBELAJARAN
Kata
“Media” berasal dari bahasa Latin yang berarti “perantara”, yaitu perantara
antara pengirim pesan dan penyampai pesan. Materi pembelajaran merupakan
pesan-pesan yang harus disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Jadi media adalah alat untuk menyampaikan atau
menghantarkan pesan-pesan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan segala
sesuatu ( teknologi, sarana fisik, sarana komunikasi) yang dapat menyampaikan pesan, merangsang
pikiran, perasaan dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terjadinya
proses belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran. Secara sederhana dapat
diartikan bahwa media pembelajaran adalah seperangkat alat bantu atau pelengkap
yang digunakan guru dalam rangka
berkomunikasi dengan siswa. Alat bantu itu disebut sebagai media pembelajaran
sedangkan komunikasi adalah sistem penyampaiannya.
Dalam
metodologi pembelajaran ada dua aspek yang paling penting yaitu metode dan
media pembelajaran sebagai alat bantu. Media pembelajaran sebagai komponen
metodologi dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Dengan media,
pembelajaran akan lebih menarik sehingga dapat meningkatkan motivasi dan
interaksi belajar siswa dan motivasi
mengajar guru. Materi pelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih mudah
dipahami oleh siswa. Media pembelajaran dapat berisikan
bahan-bahan yang harus dipelajari siswa sehingga juga memungkinkan menjadi
sumber belajar bagi siswa. Namun demikian media pembelajaran tidak bisa
menggantikan fungsi guru sepenuhnya arinya media tanpa guru adalah hal yang
tidak mungkin untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Peran guru masih
tetap diperlukan sekalipun media telah merangkum semua materi/bahan pelajaran.
1.
Fungsi
media pembelajaran
Media pembelajaran memiliki beberapa fungsi, diantaranya :
a. Dapat mengatasi keterbatasan pengalaman
yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik
berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman
anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media
pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak
mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa
ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model,
maupun bentuk gambar – gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan
audial.
b. Dapat melampaui batasan ruang kelas.
Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para
peserta didik tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena : (a) obyek terlalu
besar; (b) obyek terlalu kecil; (c) obyek yang bergerak terlalu lambat; (d)
obyek yang bergerak terlalu cepat; (e) obyek yang terlalu kompleks; (f) obyek
yang bunyinya terlalu halus; (f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi.
Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan
kepada peserta didik.
c. Memungkinkan adanya interaksi
langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
d. Menghasilkan keseragaman pengamatan
e. Dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit,
dan realistis.
f. Membangkitkan motivasi dan
merangsang peserta didik untuk belajar.
g. Memberikan pengalaman yang
integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak
2. Manfaat media
pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran
adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan
pembelajaran lebih efektif dan
efisien. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah:
a. Penyampaian
materi pembelajaran dapat diseragamkan
Dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang
berbeda antar guru dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan
informasi diantara siswa dimanapun berada.
b. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas
dan menarik
Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar,
gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu guru
untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak
membosankan.
c. Proses pembelajaran menjadi lebih
interaktif
Dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara
aktif, sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah.
a. Efisiensi dalam
waktu dan tenaga
Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai
secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus
menjelaskan materi ajaran secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian
menggunakan media, siswa akan lebih mudah memahami pelajaran.
b. Meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa
Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi
belajar lebih mandalam dan utuh. Bila dengan mendengar informasi verbal dari
guru saja, siswa kurang memahami pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan
kegiatan melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media
pemahaman siswa akan lebih baik.
c. Media
memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa
sehingga siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun
dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru.Perlu kita sadari waktu belajar di
sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah.
d. Media dapat
menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
Proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga
mendorong siswa untuk mencintai ilmu pengetahuan dan gemar mencari sendiri
sumber-sumber ilmu pengetahuan.
e. Mengubah peran
guru ke arah yang lebih positif dan produktif
Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga banyak
mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya,
seperti membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi
belajar, dan lain-lain
C. JENIS-JENIS
MEDIAPEMBELAJARAN
Banyak sekali jenis media yang sudah dikenal dan digunakan
dalam penyampaian informasi dan pesan-pesan pembelajaran. Setiap jenis atau
bagian dapat pula dikelompokkan sesuai dengan karakteristik dan sifat-sifat
media tersebut. Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang baku dalam
mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga ahli mengelompokkan atau membuat
klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana mereka memandang dan menilai
media tersebut. Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang
dikutip oleh Rohani (1997:16) yaitu :
1.
Gambar diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film
strip, atau overhead proyektor.
2.
Gambar gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak
bersuara.
3.
Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam.
4.
Televisi
5.
Benda-benda hidup, simulasi maupun model.
6.
Instruksional berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction).
Penggolongan media yang lain, jika dilihat dari berbagai
sudut pandang adalah sebagai berikut :
1. Dilihat dari jenisnya media dapat digolongkan menjadi
media Audio, media Visual dan media Audio Visual.
2. Dilihat dari daya liputnya media dapat digolongkan menjadi
media dengan daya liput luas dan serentak, media dengan daya liput yang
terbatas dengan ruang dan tempat dan media pengajaran individual.
3. Dilihat dari bahan pembuatannya media dapat digolongkan
menjadi media sederhana (murah dan mudah memperolehnya) dan media komplek.
4. Dilihat dari bentuknya media dapat digolongkan menjadi
media grafis (dua dimensi), media tiga dimensi, dan media elektronik.
D. PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Berbagai macam media pembelajaran
dikemukakan yang dapat digunakan dalam pembelajaran kimia dengan tujuan untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang akhirnya bermuara pada
meningkatnya hasil belajar. Namun demikian hendaklah dipilih media yang tepat
dan cocok untuk karakteristik materi dan efektifitas pengunaannya. Pemakaian
media dalam proses pembelajaran hendaknya dapat meningkatkan motivasi dan
rangsangan kegiatan pembelajaran dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis
terhadap siswa. Disamping itu, media pembelajaran hendaknya juga dapat membantu
siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data yang menarik, memudahkan
penafsiran data dan memadatkan informasi ( sehingga dapat menghemat waktu).
Pemilihan media tidak dilihat dari segi
kecanggihannya, tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan peranannya dalam
membantu meningkatkan motivasi belajar. Media yang digunakan harus didasarkan
pada kriteria pemilihan yang objektif sebab penggunaan media pembelajaran tidak
sekedar menampilkan program pembelajaran
di dalam kelas tetapi harus dikaitkan dengan tujuan pembelajaran yang
hendak dicapai.
Agar penggunaan media dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran maka guru perlu memiliki pemahaman tentang jenis dan manfaat media
pembelajaran, kriteria memilih dan
menggunakan media. Disamping itu guru juga harus memiliki pengetahuan dan
keterampilan dalam menilai keefektifan penggunaan media dalam proses
pembelajaran agar dapat memutuskan apakah penggunan media diperlukan dalam
pembelajaran.
Keberadaan media dalam pembelajaran adalah sebagai
pelengkap jika dipandang perlu. Seorang guru yang baik tidak akan menggunakan
media pembelajaran dengan tujuan untuk menggantikan metode mengajar, tetapi
menggunakan media untuk melengkapi keterampilan mengajar dan membantu siswa
memahami dan mampu mengaplikasikan materi. Media pembelajaran yang dipilih
hendaknya sesuai dan cocok dengan kebutuhan guru dan siswa serta membantu
memperbaiki situasi pembelajaran. Untuk memutuskan media pembelajaran mana yang
akan digunakan, guru dituntut untuk memhami pengetahuan tentang media dan
pemilihan media, sehingga penggunaannya dalam proses pembelajaran tepat dan
sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Media pembelajaran dapat digunakan pada
situasi :
· Materi
pelajaran yang diberikan sulit dimengerti/ abstrak
· Perhatian
siswa berkurang terhadap proses pembelajaran
· Keterbatasan
sumber belajar
· Guru
tidak bergairah dalam menjelaskan materi dengan metode yang biasa digunakan
dalam pembelajaran
Memilih
media pembelajaran untuk mata pelajaran kimia pada prinsipnya tidak berbeda
dengan pemilihan media untuk mata pelajaran secara umumnya. Dalam memilih media
untuk kepentingan pembelajaran sekurang-kurangnya memperhatikan kriteria-kriteria berikut:
1. Ketepatan
dengan tujuan pembelajaran.
Media pembelajaran dipilih berdasarkan
tujuan pembelajaran. Tujuan-tujuan pembelajaran yang berisikan unsur pemahaman,
aplikasi, analisis dan sintesis lebih memungkinkan dengan menggunakan media
pembelajaran
2. Dukungan
terhadap isi atau konten pelajaran
Bahan pelajaran yang sifatnya fakta,
prinsip, konsep dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar lebih
mudah dipahami siswa.
3. Kemudahan
memperoleh media
4. Keterampilan
guru dalam menggunakannya
Nilai dan manfaat yang diarapkan dari
penggunaan media bukanlah pada apa medianya, tetapi adalah dampak dari
penggunaan oleh guru pada saat mengkomunikasikan pesan-pesan pelajaran.
Alat-alat canggih berteknologi tinggi tidak berarti apa-apa bila guru tidak
dapat menggunakannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
5. Sesuai
dengan tingkat kemampuan berpikir siswa
Media yang dipilih untuk pembelajaran
harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan berpikir siswa sehingga makna yang
terkandung di dalam media dapat dipahami dengan mudah.
E.
RANGKUMAN.
Media
pembelajaran merupakan perantara guru dengan siswa dalam penyampaian
pesan-pesan pembelajaran. Media pembelajaran digunakan sebagai pelengkap jika
dipandang perlu. Media tidak mengganti metode pembelajaran atau fungsi guru.
Tujuan penggunaan media adalah untuk memperbaiki situasi proses
pembelajaran sehingga media yang
digunakan harus cocok dan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Untuk dapat
memilih media pembelajaran yang akan digunakan, guru harus memahami tentang
macam-macam media dan pertimbangan apa yang perlu dalam memilih media.
0 komentar:
Posting Komentar